Perbuatan Dosa Menimbulkan Penyakit

Al-Qur'an | Firman Allaah Subhaanahu Wa Ta'ala ; Surah An-Nisa Ayat 123 :
"(Pahala dari Allah) itu bukanlah menurut angan-anganmu yang kosong dan tidak (pula) menurut angan-angan Ahli Kitab. Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan, niscaya akan diberi pembalasan dengan kejahatan itu dan ia tidak mendapat pelindung dan tidak (pula) penolong baginya selain dari Allah".

Hadits Al-Bukhari | Nabi Salallaahu 'Aalaihi Wassallaam bersabda :
"Tidak satu pun kepayahan, penyakit, kesusahan, kesedihan, penderitaan, atau keresahan yang menimpa seorang Muslim-meskipun hanya berupa duri yang melukainya kecuali Allah akan menghapuskan dosa-dosanya karena hal itu."

Artinya seseorang yang melakukan kejahatan atau dosa akan diberi pembalasan dengan kejahatan itu. Balasan yang diberikan bisa berupa penyakit untuk menghapuskan dosa-dosanya.

Seperti pepatah yang sering kita dengar, "Mencegah lebih baik daripada mengobati". Alangkah baiknya kita mencegah perbuatan-perbuatan dosa agar tidak terkena penyakit-penyakit akibat dosa-dosa tersebut.

Sudah saatnya kita muhasabah diri, berapa banyak dosa-dosa yang kita lakukan. Lalu Allaah Subhaanahu Wa Ta'ala akan membalas dosa-dosa kita dengan penyakit apa? Sudah siapkah kita menahankan penyakit tersebut? Wallaahu a'lam.

Segeralah kita bertaubat.